FIAT JUSTICIA ET PEREAT MUNDUS

25 Februari 2008

BTJ: Antara Ketidakcocokkan dan Ketidaksiapan

Ada yang ga ngerti BTJ itu apa? Itu lho Bis Trans Jogja. Bis ini adalah program baru ciptaan Pemda Jogja. Diharapkan moda transportasi ini mampu menjawab permintaan angkutan massal yang nyaman. Itu harapannya.
Nah, kemarin iseng-iseng saya coba naik BTJ dari halte Kopma UGM ke Giwangan. Pokoknya muter-muter deh ngikutin hasrat kampungan saya yang lagi mode on. Sepanjang jalan emang sie bisnya keren maklum masih baru dan lagi ber-AC. Kopata aja kalah jauh deh. Hehehehe.....nuwun pangapunten, pak sopir kopata.
Tapi yang jadi perhatian dan grundelan saya sepanjang jalan adalah sepertinya jogja dan masyarakatnya belum siap dengan program ini. Bagaimana tidak. Coba saja lihat di dalam bus. Ada larangan untuk membawa makanan ke dalam bus tidak dipatuhi oleh para penumpang. Mereka bertindak semaunya sendiri bahkan berkelakuan seperti di rumahnya sendiri. Makan, minum, bahkan duduk semaunya sendiri mulai kaki diangkat lah, sampai bersila. Gila. Saya ngedumel dalam hati "kenapa ga bawa tikar atau karpet aja sekalian jadi serasa piknik". Wah, untung emosi saya tahan kalo ga bisa berabe. Nah itu baru satu gerundelan saya.
Kedua, kayaknya jogja ga cocok deh sama model transportasi kayak gini. Gimana nggak? Lihat aja jalan-jalan di jogja kan ga begitu besar buat kendaraan biasa aja masih agak ribet (tapi masih lebih ruwet jakarta). Jalan-jalan yang kemari saya lewati dengan BTJ jalur 3B ternyata jalan perkampungan yang sempit walaupun sudah diaspal. Udah gitu haltenya kecil dan kurang nyaman.
Temen saya sempat berpendapat,"udah lah ga perlu bikin bus kayak gini, bikin yang biasa aja tapi mesti berhenti di tiap halte yang udah ada jadi ga perlu bikin yang aneh-aneh". Udah gitu destination halte ga jelas. Ga kayak busway di jakarta sana yang tiap halte ada penunjuknya jadi memudahkan masyarakat.
Saran saya buat operator bus dan yang punya proyek kalo bisa perbanyak haltenya biar bisa menjangkau masyarakat trus kalo bisa juga di tiap halte ada loket tiket jadi ga perlu repot kalo mau beli tiket. Lalu berikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar mereka bisa berlaku yang sepatutnya di dalam bus. Jadi ga malu-maluin. Apalagi jogja kan kota wisata yang terkenal seantero jagad. Setuju ga, pak gubernur?

Tidak ada komentar: